ImagicBlueprint.Com

07/06/10

Ancaman untuk YouTube datang dari Video Facebook

Fenomena facebook semakin menyenangkan untuk diikuti perkembangannya. Berbicara masalah popularitas facebook di kalangan netter seluruh dunia sudah tidak perlu diragukan lagi. Dari hari ke hari member baru jejaring sosial ini (fb) terus bertambah, walau akhir-akhir ini muncul juga beberapa kompetitor situs jejaring sosial serupa, namun para kompetitor facebook belum bisa mengalahkan popularitas facebook.

Ada kabar terbaru mengenai sepak terjang facebook, terutama penggunaan video di facebook makin berkembang pesat sehingga menjadi ancaman serius di kemudian hari bagi YoutTube yang notabenenya sebagai situs layanan video populer saat ini.

Terang saja, pada medio April para pengguna facebook yang menonton klip video mencapai 41 juta orang, tentunya angka yang cukup fantastis. Seperti yang dilaporkan comScore yang melakukan penelitian mengungkapkan bahwa facebook tumbuh lebih cepat dari YouTube sebagai layanan untuk menonton video online.



Hal senada disampaikan oleh New Statement, Senin (7/6/2010) sekitar 41 juta orang atau lebih dari tiga kali jumlah tahun lalu, menyaksikan video klip yang dibuat oleh pengguna jejaring sosial terbesar tersebut di bulan April. Sebaliknya, situs 'hanya' tumbuh 25 persen dengan 135 juta unique vistor selama periode yang sama.

Sebuah laporan yang sama dikeluarkan oleh Pew Internet & American Life Project pada hari Kamis menunjukkan bahwa situs jaringan sosial lebih populer dari situs berbagi video untuk memposting video klip.

Sekitar 52 persen responden dalam survei Pew mengatakan bahwa mereka mengunggah video ke web melalui jaringan sosial seperti facebook atau MySpace. Kurang dari 48 persen mengatakan mereka melakukannya melalui YouTube atau layanan video milik Google tersebut.

Saat ini ditambahkan oleh comScore, facebook telah menempati posisi kelima untuk penonton yang menyaksikan video melalui web.

Setelah menyimak ulasan di atas membuktikan bahwa potensi facebook dan situs jejaring sosial lainnya mampu menjadi trend atau gaya hidup yang akan terus berkembang dan menjadi pesaing berat bagi situs-situs yang menyajikan pelayanan publik tertentu (seperti layanan video dan sejenisnya) maupun situs berplatform portal. Menilik perkembangan facebook saat ini dan akan datang juga memiliki potensi yang menjanjikan sebagai alat marketing yang viral untuk melakukan berbagai promosi.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. :)

Bookmark and Share

0 comments:

Posting Komentar

Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing